Contacts

16 May 2008

Inspirasi




Sering kali kita mendengar atau melihat seorang manager yang pergi kesana kemari seolah-olah tidak jelas keperluannya. Tapi tentu saja dia melakukan hal tersebut bukan karena tanpa alasan. Biasanya manager mondar-mandir karena sedang mencari inspirasi. Soalnya kalau hanya berdiam diri terus didalam ruangan saja, orang tersebut akan sulit menemukan inspirasi. Seseorang perlu menggunakan visualnya untuk membantu pikirannya dalammancari ide-ide, bahkan bukan hanya visual saja tapi audio juga. Ketika kita pergi berjalan-jalan ke suatu tempat maka kita akan mendapatkan penglihatan dan pendengaran yang berbeda dari biasanya. Hal ini akan membuat kita berada dalam pikiran yang baru dan nuansa yang baru pula.

Bagi saya sendiri, saya juga setuju jika inspirasi itu penting. Sebagai contoh, ketika saya mendapatkan tugas makalah ( ISAS, Project dan semacamnya) seringkali saya mencari-cari inspirasi terlebih dahulu. Apa yang harus saya tuliskan. Dan ketika keadaannya sedang tidak mendukung serta saya sendiri juga tidak sedang beruntung, seringkali inspirasi tersebut muncul diakhir waktu. Saya sendiri tidak tahu persis kenapa bisa begitu. Yang jelas, mungkin itu dikarenakan bahwa situai akhir yang mendesak bisa memaksa seseorang untuk mengeluarkan segenap kemampuannya untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh ketika seseorang dikejar binatang buas di hutan (ambil contoh dikejar babi hutan), maka ketika dia berusaha melarikan diri dia tidak memperdulikan apapun yang ada di sekitarnya, yang ia pikirkan hanyalah selamat. Bahkan ketika ada pohon, yang tadinya orang tersebut tidak bisa memanjat pohon, tiba-tiba saja ia bisa memanjat pohon dengan cepat. Kalau dalam idtilah lain, ada yang namanya kekuatan alam bawah sadar yang secara tidak sadar telah menjadikan dirinya mampu melakukan sesuatu.
Intinya yang ingin saya sampaikan di sini adalah, bagi kebanyakan orang inspirasi tidak bisa dimunculkan dengan mudah secar disengaja, meskipun terkadang bisa muncul begitu saja tanpa disengaja. Inspirasi yang susah dimunculkan seringkali bisa dikeluarkan dengan memanfaatkan alam bawah sadar kita. Tapi, jangan sekali-kali menunggu inspirasi hingga berlama-lama, meskipun terkadang inspirasi mudah muncul di akhir-akhir waktu. Jemput dan cari inspirasi tersebut, bila perlu diburu. Oke... Sekian dulu dari saya. Sampai jumpa di tulisan saya berikutnya. 'InsyaAllah'.

Image picture from write-your-short-story.com

No comments:

Post a Comment