Contacts

02 May 2008

Filosofi dari database.












Saat quarter 3 saya mendapatkan materi mengenai database berserta kompleksitasnya, dari situ saya mendapatkan banyak hal, bukan hanya hal teknis saja melainkan juga hal-hal lain, terutama yang akan saya bahas kali ini yaitu filsafat. Lho ko, filsafat… apa hubungannya filsafat dengan database? Pertanyaan yang bagus, mari kita simak…


Sepercik ilmu yang tak sengaja kudapatkan,

Setiap manusia diciptakan dengan cirinya masing masing, penampilan, bentuk fisik, perilaku, pemikiran, sifat hati dan sebagainya. Akan tetapi bagaimana dengan orang yang kembar, apakah itu berarti pernyataan di atas adalah salah? Tidak sama sekali. Walaupun orang tersebut kembar, mereka tetap memiliki ciri tertentu, baik nampak maupun tidak nampak. Contoh, A dan B kembar, secara fisik A dan B memiliki wajah yang sama, meskipun sama akan tetapi sebenarnya ada penanda di antara keduanya, misalkan pada wajahnya. Ambillah contoh tahi lalat, A memilki tahi lalat sedangkan B tidak. Satu ciri ini sudah bisa membuktukan bahwa mereka berbeda. Selain contoh tersebut masih banyak contoh-contoh yang lain, misalkan dari nama, contoh A dan B adalah dua orang perempuan yang kembar, A punya nama Indriana dan B punya nama Indriani. Anda bisa bayangkan jika dua orang itu diberi nama yang sama persis, pasti sangat susah bagi orang lain untuk memanggilnya. Dan mereka berdua pun akan bingung jika dipanggil. Bukan begitu?


Konsep dasar: PRIMARY KEY dan FOREIGN KEY secara filosofis

Pada database setiap table memiliki atribut atau bahasa mudahnya adalah kolom, setiap kolom memiliki namanya sendiri-sendiri dan tidak boleh sama dengan kolom yang lain, kemudian setiap table harus memiliki kunci utama sebagai penanda yang disebut PRIMARY KEY dan sifatnya harus unik. Agar orang yang belum tahu hal ikwal database tidak bingung, mengenai penjelasan ini, penjelasannya sampai sini saja. Nah dari penjelasan singkat diatas saya menyimpulkan bahwa hal ini tidak jauh berbeda dengan kehidupan nyata, sebagai contoh bisa dibandingkan dengan manusia. Setiap manusia berbeda-beda bahkan yang kembar sekalipun tetap berbeda. Dan dari situlah tercipta keunikan-keunikan pada manusia. Dan jika kita membandingkan antara database dan manusia, maka bisa dikatan bahwa setiap manusia adalah “PRIMARY KEY”. Kalaupun ada persamaan antara satu dan yang lain, persamaan tersebut hanya dalam beberapa hal saja.


Perbedaan pada kelebihan dan kekurangan.

Selain perbedaan-perbedaan di atas, setiap orang juga bisa dibedakan dari kelebihan dan kekurangan. Misalkan si A mahir di bidang kedokteran dan si B di bidang teknik nuklir. Bahkan seorang yang cacat sekalipun tetap memiliki kelebihan disamping kekurangannya. Tidak ada sesuatu yang percuma yang diciptakan di dunia ini. Tidak ada yang namanya istilah ciptaan Tuhan yang gagal. Manusia diciptakan sedemikian rupa sedetail mungkin berserta kelebihan dan kekurangannya. Dan yang jelas porsi atau perbandingan antara kelebihan dan kekurangann itu adalah seimbang. Jadi tidak ada alasan bagi seseorang untuk membenci dirinya sendiri. Dan selalu berkata “I hate myself.” Ingat tak ada yang percuma, bahkan nyamuk sekalipun, yang pekerjaannya setiap hari menganggu orang dengan menghisap darahnya. --Lho bukannya itu percuma, kan merugikan manusia? Tidak juga. Mungkin terlihat percuma dan merugikan namun jika kita teliti lebih dalam maka nyamuk (sebagai sebagai perantara) juga bisa membuat orang mampu membeli rumah mewah, mobil mulus, baju kinclong dsb. –Benarkah, caranya? Kita pasti tahu obat nyamuk baik yang bakar ataupun elektrik dan oles serta semprot. Seandainya saja perusahaan-perusahaan itu memprokduksi obat nyamuk namun di dunia ini tidak ada nyamuk maka siapa yang akan membelinya? Di situlah nyamuk memiliki peran. Bahkan antara manusia dan nyamuk ini memiliki hubungan yang saling menguntungkan. Pemilik perusahaan obat nyamuk mendapaatkan penghasilan dari produknya dan nyamuk mendapatkan darah yang dihisapnya dari manusia termasuk darah dari pemilik perusahaan obat nyamuk tersebut. Terlihat lucu memang ^_^ , pemilik perusahaan mendapat uang dan nyamuk mendapat darah yang didapat dari pemilik perusahaan tersebut.

Sekarang tahu apa yang saya maksudkan bukan? :)

No comments:

Post a Comment